Tunjangan Profesi Guru SLTA Segera Disalurkan

lazada ID

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) akan memberikan tunjangan profesi bagi 5.909 guru SMA dan SMK wilayah Sumut. Tunjangan profesi guru ini bersumber dari dana alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011.

Sesuai data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan kabupaten/kota se Sumut, sekitar 5.909 penerima tunjangan profesi guru SMA dan SMK akan menerima tunjangan yang belum dibayarkan selama 4 bulan, yakni September hingga Desember 2010, dan mencapai kisaran Rp 44 miliar, karena keterbatasan alokasi dana 2010.
Hal ini disampaikan Kadisdiksu Drs Syaiful Syafri MM melalui Kabid PMPTK Disdiksu Eduard Sinaga SH MM saat dikonfirmasi, Rabu (19/10).

Masih menurut Eduard, Dirjen PMPTK Kemendikbud juga akan menyalurkan tunjangan profesi kepada 61 orang guru yang telah memiliki SK Dirjen tahun 2010 yang belum dibayarkan selama 1 tahun dan 6 orang guru yang sudah terbit SK Dirjen tahun 2009 lalu namun belum menerima tunjangan sertifikasi karena keterlambatan berkas.
“Sehingga total penerima tunjangan profesi guru yang harus ditampung pada APBN-P tahun 2011 berjumlah 5.076 orang guru. Namun kita belum bisa memastikan kapan waktu pencairan dana tunjangan profesi tersebut mengingat seluruh berkas sedang diproses di Jakarta,” ungkapnya.

Eduard juga menyampaikan, jika Dirjen PMPTK Kemendikbud akan memberikan penambahan tunjangan profesi berdasarkan PP No 11 Tahun 2011 atas penyesuaian gaji pokok guru baik negeri maupun swasta di Sumut.  Namun, lanjutnya, jumlah total dana penambahan tunjangan profesi itu tidak dapat dirinci secara detail mengingat besaran jumlah gaji pokok berbeda setiap gurunya.

Eduard mengaku, otonomi daerah menjadi penyebab sulitnya menghimpun data karena program sertifikasi dan penyaluran tunjangan profesi guru ini bukan hanya terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi, namun juga ada di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut serta program latihan pendidikan guru (PLPG) PTK Unimed.

Sehingga terjadi kurang sinergisnya hubungan antara Disdiksu serta Dinas Pendidikan kabupaten/kota menyangkut pendataan, dan pengiriman berkas karena yang mengelola program sertifikasi terdapat di kabupaten/kota, sedangkan Disdiksu hanya menyalurkan tunjangan profesi bagi guru yang sudah lulus dan mendapatkan SK Dirjen PMPTK Kemendikbud.

Ke depan, kata Eduard, diharapkan peran dan dukungan bupati/wali kota di Sumut untuk lebih memperhatikan pengiriman berkas dan pendataan bagi guru negeri dan swasta yang baru pertama kalinya mendapatkan tunjangan profesi guru, sehingga tidak terjadi lagi keter lambatan penyaluran tunjangan profesinya. (uma)

Harian Sumut Pos » Pendidikan


Lazada ID

Related posts "Tunjangan Profesi Guru SLTA Segera Disalurkan":

Comments

  1. HUSNIATI
    09/04/2013 , 9:27 pm

    SK DIRJEN PENERIMA TUNJANGAN PROFESI BAGI GURU JABATAN PENGAWAS SEKOLAH KAPAN KELUARNYA YA ?

  2. Drs.sSLAMET RIJADI
    14/04/2013 , 9:38 pm

    CEK SK SERTIFIKASI DATA PENDIDIK

  3. RR.Sirtu filaili ningsih
    15/04/2013 , 11:45 pm

    Salam Hormat
    Maaf mau nanya, apakah guru yang mengajar di dua sekolah misalnya SMP dan SMK dalam satu mapel ( IPS) sesuai dengan sertifikasi apakah bisa menerima tujangannya?
    Terimakasih atas jawabannya.

  4. Mislan,S,pd. smk n 3 kotabumi lampung utara.
    19/04/2013 , 9:39 am

    kepada pd dirjen diknas mau tanya pak, sk dirjen saya kok gak ada ya, saya sertifikasi 2008,tahun 2013 ini sk saya tidak ada setelah di cek di diknas setempat,lalu apa yg harus saya lakukan mohon saran.

  5. herman
    19/04/2013 , 8:47 pm

    hanya beberapa guru yang ada namanya di sk sertifikasi thn 2013 untu kabupaten pulpis,kenapa ya

  6. adrianus
    22/04/2013 , 3:27 pm

    Gimana caranya cek verifikasi data penerima tunjangan sertifikasi, berkalikali di coba kok dak mau khusus untuk jenjang sma

  7. sutrsa
    23/04/2013 , 7:41 am

    bagaimana cek sk sertifikasi guru pns, susah banget ya

  8. rasidah berampu
    25/04/2013 , 1:55 pm

    kapan uang tunjangan profesi guru wilayah sumut akan di keluarkan? mohon penjelasan…..

  9. PRANATA
    29/04/2013 , 9:23 pm

    Masih banyak para guru swasta yg sertifikasi kuota 2012 belum menerima tunjangan propesi tahun 2013. Kapan dananya di trasfer kerekening guru…Tolong segera di cairkan !!!! Terutama Tingkat SMP yg katanya sudah disalurkan…kok tidak merata…!! Trim’s

  10. Dasuki Adnan,S.PdI,M.Si
    02/05/2013 , 7:01 pm

    Kenapa pak Kemendiknas dan Kemenag ko beda dlm proses pencairan dana sertifikasi? bahkan di Kemenag lebih mudah padahal kita sama2 WNI

  11. BUDIYONO
    04/05/2013 , 11:38 pm

    ASSALAMAUALIKUM Mohon Maaf sebelumnya, PK MAU TANYA SAYA SERTIFIKASI TH 2010, dari SMK PGRI PASIRSAKTI LAMPUNG TIMUR SAYA SUDAH USUL INPASING 2X SAMPAI SAAT INI SK INPASING BELUM KELUAR , golongan masih tetap . harusnya sudah naik golongan MOHON PENJELASAN MATURSUWUN

  12. Amuk masa
    08/05/2013 , 4:50 pm

    di daerh dah mulai ribut2 ada yang cair ada yang belum , gimana sih cara pendataannya. kok ribet baget nampaknya. pak mentri bukan ngancam sih tapi jangan sampai para pendidik kita pada demo. sini lain, sana lain. memang nasib si Oemar bakri mau jadi Abu rijal bakri aja ribet banget. gak semangat nanti gurunya pada ngajar.

  13. Guru Kecoa
    08/05/2013 , 5:26 pm

    Infonya di atas dah gak up to date

  14. Kang Guru
    08/05/2013 , 5:28 pm

    Disini gak usah tanya2 ngeluh aja, protes!!!. dll.

  15. PURWAJI,S.Pd
    26/05/2013 , 10:06 pm

    Yth. Bapak Dirjen PMPTK
    di Jakarta
    saya Purwaji,S.Pd. mengajar di SMK Negeri 1 Kotabumi, Lulus Sertifikasi Pendidikan tahun 2008, pada tahun 2013 ini SK dari Dirjen saya tidak keluar setelah saya cek di Kantor Dinas Pendidikan Lampung utara…. Bagaimana cara mengurusnya? Mohon petunjuk. Makasih.

  16. Bostor Pakpahan
    27/05/2013 , 4:20 pm

    Kapan keluar SKPT GURU smk pns

  17. BUDIYONO
    13/07/2013 , 10:32 pm

    Assalamualaikum Kepada Bapak Kepala Dinas Dikpora Kab Lampung Timur dan Bapak Bupati Serta Bapak Gubenur Lampung sebelumnya kami atas nama guru honorer khususnya Kec. Pasir Sakti Mohon maaf Kapan Pencairan guru Sertifikasi tingkat SMK ( Honorer) biasanya triwulan sekali mengapa sudah hampir 7 bulan belum ada kabar padahal data sudah kami kirim kejakarta dan profinsi serta kab. sampai akhir menjelang Bulan romadhan belum ada kabar, padahal yang PNS sudah pada cair SD, SMP , kami sangat mengharap tunjangan tsb keluar padahal jam linier sudah pas, keringat pagi siang sore kami untuk utamakan untuk pendidikan, apalagi diantara kami juga sebagai tim sukses dalam pilkada tahun lalu sebelum pak sartono kena musibah , tolong pak anak anak kami menunggu hasil kerja sang ayah/ibu apa lagi anak – anak kami mau masuk sekolah , kalo toh tidak keluar apa sebabnya, karena kami mengajar di sekolah swasta hanya itu rizki kami itupun kami sudah dipotong / tidak digaji full oleh yayasan dikarnakan sudah sertifikasi , mohon bantuanya pak semoga dapat di tindaklanjuti sekian mohon maaf atas tutur kata kami kurang berkenan di hati bapak sekian terimakasih.

  18. ANDRIANI SILALAHI
    14/07/2013 , 4:24 pm

    Saya Guru SMK Swasta Harapan Mandiri Medan belum mendapatkan dana sertifikasi 2 bulan tahun 2012 dan 6 bulan tahun 2013

  19. Arnold Slamet
    31/07/2013 , 9:01 am

    Sampai kapan kami harus menanti terbitnya SK Tunjangan Profesi bagi Pengawas Sekolah di Republik ini dari para pejabat yang berweweng?

  20. Arnold Slamet
    31/07/2013 , 9:04 am

    Sampai kapan kami harus menanti terbitnya SK Tunjangan Profesi bagi Pengawas Sekolah di Republik ini dari para pejabat yang berwewenang?

  21. GOKKON PANJAITAN
    03/08/2013 , 4:38 pm

    Saya Guru SMK Swasta Eka Prasetya Medan belum mendapatkan dana sertifikasi 2 bulan tahun 2012 dan 6 bulan tahun 2013

  22. purnami
    13/08/2013 , 3:21 pm

    Yth.Bapak/Ibu pimp P2TK
    saya ingin menanyakan, kapan tunjangan profesi bagi guru SMK swasta periode januari-Juli 2013 cair Pak? kami para guru swasta sangat membutuhkan untuk biaya sekolah anak, dan biaya hidup. Jika SK diinformasikan oleh kementrian sudah ada tapi di Sudin Jakarta Pusat selalu menjawab “belum ada & tunggu saja.” kemana lagi kami menanyakan kepastian ini?
    Tolong dibantu bapak/Ibu yang terkkait dengan TPP Guru SMK Swasta jakarta pusat

ADD YOUR COMMENT