Kemendikbud: Dokumen Kurikulum Tuntas Desember

lazada ID

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Khairil Anwar mengatakan dokumen penyusunan kurikulum untuk tingkat SD hingga Perguruan Tinggi diperkirakan akan selesai pada Desember 2012.

“Saat in masih dalam proses. Beberapa hal sudah mengerucut, namun keputusan semuanya ada di menteri,” ujar Khairil di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan tim internal hanya bertugas memberi masukan. Dokumen kurikulum ditargetkan bisa selesai pada Desember mengingat awal tahun akan digunakan untuk buku pelajaran.
“Kalau saat ini pembahasannya masih untuk tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Sedangkan untuk PAUD, belum saat ini,” tambah dia.

Beberapa hal konkrit, lanjut Khairil, yang sudah mengerucut seperti adanya sinergitas antara kurikulum SMA dan Perguruan Tinggi. Khususnya untuk mata kuliah dasar umum.

Disinggung mengenai penambahan jam belajar, Khairil mengatakan bahwa hal itu salah satu alternatif yang masih dipertimbangkan. Menurut dia, penambahan jam belajar bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan membuat siswa semakin dekat satu sama lain.

“Tapi hingga saat ini belum ada keputusannya. Guru juga berperan, karena kalau tidak bagus dalam memberikan mata pelajaran maka bisa menimbulkan dampak negatif,” jelas Khairil.

Guru, lanjut Khairil, hendaknya harus kreatif dalam proses belajar mengajar dan juga harus dekat dengan murid seperti layaknya teman.

p 89EKCgBk8MZdE Kemendikbud: Dokumen Kurikulum Tuntas Desember
Republika Online – Pendidikan RSS Feed


Lazada ID

Related posts "Kemendikbud: Dokumen Kurikulum Tuntas Desember":

ADD YOUR COMMENT