Butuh 3.500 Sarjana untuk Mengajar

lazada ID

Unimed Dapat 250 Kuota

MEDAN-Sebagai upaya penye-diaan guru di daerah tertinggal, Kementrian Pen-didikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  membuka program Sarjana Mendidik 3T (SM-3T) yakni daerah terdalam, tertinggal dan terluar di Indonesia.
Program tersebut membutuh-kan 3.500 sarjana pendidikan yang akan diterjunkan untuk mengajar di daerah terpencil.

Dalam hal ini Universitas Negeri Medan sebagai lembaga pend-idikan tenaga kependidikan (LPTK) mendapatkan kuota 250 sarjana, dari  17 program pen-didikan untuk mendidik di dua Kabupaten yakni Simeulue dan Aceh Barat.

“Sebenarnya ada delapan kabupaten yang mejadi sasaran program ini, namun untuk quota Unimed akan dikirimkan 150 calon pendidik di Simelue dan 100 orang calon pendidik di Aceh Barat,” ungkap Pembantu Rektor I Unimed, Khairil Ansari di ruang rektorat Unimed, Jumat kemarin.
Untuk sistem pelaksanaannya, bilang Ansari, sebelum di-berangkatkan para calon pendidik nantinya akan men-dapatkan pembekalan selama 12 hari sesuai prodi yang di-milikinya.

Selain itu para peserta juga diberikan penyiapan psikologi dan melatih karakter dan kepra-mukaan. “Harapan peme-rintah ke depannya, setelah melakukan pendidikan di daerah yang telah ditentukan untuk sarjana pendidik selama set-ahun, selanjutnya para pendidik ini juga nantinya akan mendapat-kan pendidikan prof-esi guru selama satu tahun. Yang mana setelah mengikuti pendidikan profesi guru, peme-rintah akan berupaya membuat kebijakan agar para pendidik ini nantinya akan tetap mengabdi di kabupaten tersebut dalam jangka panjang,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T) di Sumut, Lisyanto, menam-bahkan, program ini dibuka untuk 17 program studi sejak 24 Oktober sampai 5 November 2011.

Program ini juga dilaksanakan karena banyak sekolah yang ada di beberapa kabupaten terde-pan, tertinggal, dan terbelakang masih kekurangan guru, bahkan tidak ada gurunya..
“Untuk pelaksanaan program-nya, pemerintah menyiapkan beasiswa sebesar Rp2 juta per-bulannya untuk biaya tempat tinggal. Mereka akan ber-koordinasi dengan dinas pendidikan setempat. Setelah setahun mengikuti program ini, maka guru-guru itu akan mengikuti kuliah atau pen-didikan profesi guru selama setahun yang secara langsung akan menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mendapat tunjangan dua upah gaji karena dianggap telah mengabdi di sekolah yang terletak di daerah tertinggal,” katanya.

Untuk mengikuti program tersebut lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi. Para calon pendidik diantaranya yakni, Sarjana Pendidikan lulusan 2008-2011, serta termasuk dalam 17 prodi yang ditentukan. Menyiapkan foto copy ijazah dan transkrip IP minimal 2,5, Surat Sehat Dokter, foto copy KTP, pas foto warna 4X6 dua lembar, belum menikah dan tidak boleh menikah selama mengikuti program. Selain itu memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), tidak terlibat narkoba dan untuk pendaftarannya langsung ke-pada Pembantu Pektor I Unimed. (uma)

Harian Sumut Pos » Pendidikan


Lazada ID

Related posts "Butuh 3.500 Sarjana untuk Mengajar":

Comments

  1. hamam
    11/03/2013 , 10:01 am

    kpn rekrutmen sm3t tahun 2013???

    • Risal
      30/05/2013 , 1:15 pm

      sayang sekali tidak ada jurusan pendidikan sosiologi… padahal kami ingin sekali ikut SM3T…. ada yang bisa kasi solusi???

      • Asrul Ghaffar
        26/07/2013 , 6:15 am

        Coba aja dulu saudara :) kan Pendidikan Sosiologi gak beda jauh tuh ma Bimbingan Konseling,,,, :) jadi coba aja dulu daftar kalo ada pndaftaranya,, saya juga lgi usaha,,, niat kita yng pnting :)

  2. eko prasetyo
    21/03/2013 , 1:34 pm

    Maf,misal Kalo sudah menikah bisa ikut tidak ya kira2?

    • Asrul Ghaffar
      26/07/2013 , 6:16 am

      kalo ngga salah nggak bisa deh,,, tapi cek aja dulu di websitenya SM3T nya,,, :)

  3. ayu zulhijriah
    27/03/2013 , 8:53 pm

    kapan buka gelombang 3 SM3T?

  4. frida tahu
    30/03/2013 , 9:09 am

    kapan pembukaan SM3T tahun 2013 dibuka? mohon infonya! makasih

  5. sulistiani
    13/04/2013 , 6:24 am

    mahasiswa bukan lulusan unimed bisa ikut program ini gak?

  6. ikha
    14/04/2013 , 4:44 pm

    Kapam dibuka pendaftaran sm3tbangaktannke 3?

  7. rosmayani, S.Pd.
    20/04/2013 , 11:12 am

    sm3t

  8. Enena aulia
    28/04/2013 , 11:00 am

    saya pengen banget jadi guru apalagi ikut ikut SM3T, tapi saya kuliah ambil jurusan peternakan bisa keterima enggak yah ? :(

  9. Euis
    04/05/2013 , 1:13 pm

    kalau bukan dari pendidikan bagaimana, saya lulusan dari fakultas Ushuluddin tahun 2011, dan skarang masih menjadi guru BK di salah satu sekolah di Jawa Barat. saya sangat tertarik dengan program SM3T ini dan berharap bisa berkontribusi.

  10. Kanisius Sungga
    06/05/2013 , 7:38 pm

    maaf, bolehkah diinformasikan kapan diadakan tes SM3T tahun 2013 untuk seluruh indonesia? Terima kasih

  11. Yayan Riyana,S.Pd
    08/05/2013 , 9:18 am

    bagaimana caranya ikut SM3T?

  12. aiko
    08/05/2013 , 9:29 am

    saya berminat sekali

  13. Relasi
    30/05/2013 , 10:07 am

    mau ikut caranya gmna?

  14. munika
    05/06/2013 , 3:19 pm

    gimana daftarnya nya

  15. yarid nubatonis
    05/06/2013 , 7:06 pm

    caranya gimana? tlong jelaskan saya mau mendaftar||||||!!

  16. yarid nubatonis
    05/06/2013 , 7:18 pm

    tolong kirim konsep surat pernyataan belum mernikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program sm-3t

  17. Moh. Ibnu Sina
    10/07/2013 , 8:52 am

    ass, pak m.f sblum sy mau nanx, apkah ad program dikti yg mengutus guru2x muda yg udh menikah.

  18. Yeti Krisnawati (krisna_yeti)
    18/07/2013 , 4:57 pm

    Mudah2han saya lulus tes SM3-T thn ini, n them bs ikut serta membantu mencerdaskan khidupn bangsa n mnumbuhkn sikp nasionalisme sesuai dgn cita2 bangsa.

  19. Wied guru yanxbaex
    19/07/2013 , 7:19 pm

    besok adex SRI WIYARTI ikut tes sleksi di UNNES, mdah-mdahan prjlanan dari rmh lancar,slamat smpe tjuan,AMINNNNNN……………!Doa kakak smga LOLOS dan bs dtmpatkan di skolah sasaran yg terbaik,aminnnnn………….!Dan kmbali plang dgn slamat,amin ya Rabb………..

ADD YOUR COMMENT