Bangun Karakter dengan Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler diakui memiliki peranan penting dalam membangun karakter dan kemandirian siswa. Selain itu, kegiatan ekstrakulikuler juga mampu membawa prestasi yang membanggakan sekaligus mengharumkan nama baik sekolah.

Dengan kegiatan ekstrakulikuler,  SMA Panca Budi sempat dikenal melalui cabang olahragakarate.
Kepala SMA Panca Budi Amdan SH mengaku, lewat karate berbagai kegiatan olahraga prestasi telah diraih anak didiknya baik dalam skala lokal, nasional hingga internasional.

“Kita pernah menjadi yang terbaik dalam olimpiade olahraga sains nasional (02SN) untuk cabang karate tahun 2009, dan meraih juara 1 di ajang Piala Mendagri untuk cabang yang sama,” ungkapnya.
Selain cabang karate, berbagai prestasi akademik juga ditorehkan siswa Panca Budi yakni dinobatkan sebagai juara Favorit Ekskul Dinas Pendidikan Kota Medan tahun 2010.

Untuk pembentukan karakter, SMA Panca Budi juga menerapkan siswanya lewat Bimbingan Akhlak dengan metode Islamic Spiritual Building (ISB).

“Keinginan ini sesuai tujuan utama pemilik Yayasan Prof H.

Kadirun Yahya, yakni menciptakan tamatan yang memiliki intelektual dan keimanan yang didukung dengan kemampuan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.
Terbukti hingga selama dua tahun berturut-turut SMA Panca Budi mampu menamatkan siswa didiknya dengan persentase fantastis yakni kelulusan 100 persen. Bahkan tahun 2010, 30 persen tamatan Panca Budi diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.(uma)

Harian Sumut Pos » Pendidikan



Related posts "Bangun Karakter dengan Kegiatan Ekstrakurikuler":